OOP adalah Pemrograman yang berorientasikan kepada object, dimana semua data dan fungsi diletakkan dalam class-class atau object tertentu.
Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya.
Komponen dalam OOP
- Class
- Attribute
- Method
- Object
- Inheritance
- Interface
- Polymorphism
- Information Hiding
- Encapsulation
- Exception Handling
- Graphical User Interface (GUI)
Class
Blueprint(denah) atau prototipe atau model yang mendefinisikan attribute maupun method yang umum untuk semua object.Jadi di dalam class terdapat beberapa macam komponen seperti :
- Attribute
- Method
- Objek
Attribute
Attribute berlaku sebagai data yang didefinisikan oleh class dan memiliki sifat yang berbeda satu dengan lainnya.
Method
Method merupakan fungsi atau operasi yang ada pada sebuah class.
Object
Object merupakan salah satu konsep dalam OOP yang dipanggil maupun digunakan untuk mewakili sekumpulan attribute maupun method dari class yang bersangkutan.
Macam-macam Method :
- Method Konstruktor
- Method dengan Parameter & (Tanpa Parameter)
- Method dengan Return Value
Method Konstruktor
- Method yang memiliki nama sama dengan nama class nya.
- Method yang otomatis dipanggil ketika pemanggilan object dari suatu class.
- contoh:
"class tes" adalah sebuah class. dan "public tes" adalah sebuah method.
Contoh:
Method dengan Return Value
- Method yang memiliki nilai balik ketika dipanggil.
Contoh:
Nah, itu dia sebagian dari komponen-komponen dari OOP. Untuk yang lainnya akan kita bahas di posting berikutnya. Dan Jangan lupa bookmark blog ini biar tetep update dan makin tahu.
Terimakasih...
0 comments:
Post a Comment